Dewan Babar Ini Minta OPD Sediakan Penampungan Sampah di Kawasan Wisata

0 114

Caption : Liana Tirta Andalusia

Muntok- Anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat (Barat) Liana Tirta Andalusia menyoroti persolan sampah masyarakat yang dibuang sembarangan di pinggir jalan.

Hal ini diungkapkan oleh Srikandi Golkar Babar ini bahwa dirinya sangat prihatin dengan pola kebersihan di Kota Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Dikarenakan sebagian masyarakat masih banyak yang membuang sampah sembarangan disepanjang jalan raya.

“Seperti salah satu contoh diujung jalan Kampung Sawah menuju Mentok Asin dan disisi lainnya Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat pun belum sepenuhnya menyediakan tempat penampungan untuk sampah, bertahun-tahun membiarkan keadaan seperti ini tanpa ada upaya bagaimana mengatasi persoalan masyarakat yang membuang sampah di bahu jalan,” katanya kepada wartawan pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Selain itu, Ia juga menyoroti soal kinerja dari OPD Pemerintah Daerah (Pemda) Babar melalui Dinas Lingkungan Hidup yang dianggap tidak maksimal dalam bekerja.

“Hal ini mestinya menjadi catatan serius bagi Kepala Daerah dalam menilai kinerja OPD yang sesuai dengan bidangnya yaitu Kepala Dinas yang tidak maksimal bekerja untuk Bangka Barat ini, jika dibiarkan justru akan muncul anggapan negatif pemerintah mengabaikan persoalan serius ini,” ujarnya.

“Saya melihat masih minim kesadaran masyarakat perihal kebersihan di kota mentok dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup juga masih minim menyediakan tempat penampungan sampah, sehingga saat ini kita masih banyak menemukan tumpukan sampah bertebaran di jalan-jalan tertentu”

Untuk itu, menurut Liana Tirta Andalusia pihak OPD Dinas Lingkungan Hidup seharusnya meninjau sepanjang jalan kampung Sawah menuju Pantai Batu Rakit, nantinya akan banyak pemandangan yang tidak elok mulai dari tumpukan sampah yang bau dan busuk bahkan berulat.

Tak hanya itu, disepanjang jalan itu disekitar lokasi masyarakat yang berjualan otak-otak, empek-empek dan kelapa muda juga terlihat berserakan sampah, disana juga terdapat tumpukan sampah dengan cara dibakar di pinggir jalan dan banyak sampah plastik bertebaran sehingga dengan hal ini terlihat jalan menuju pariwisata Pantai Batu Rakit milik Pemkab Babar ini sangat jauh dari kebersihan.

“Tentunya kita semua merasa malu jika dilihat oleh pengunjung dari luar daerah kita, setelah meninjau lokasi yang saya sebutkan tadi saya minta Dinas terkait bergerak cepat untuk mengatasi dan mencari solusinya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Liana Tirta Andalusia berharap kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, sebab kebersihan bukan hanya tugas pemerintah tetapi tugas kita bersama.

“Saya mengharapkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dengan cara yang benar, dimana sampah dan kebersihan lingkungan bukan saja menjadi tanggung jawab petugas kebersihan melainkan tanggung jawab kita bersama,” tutupnya. (Rilis.MPO-PG)

Slide Ads

IMG-20221218-WA0002
20221222_004241
IMG-20221218-WA0002 20221222_004241

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

You cannot copy content of this page
error: Content is protected !!