Pemdes Rias Gelar Bimtek Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas Petani Menuju Desa Digitalisasi

0 60

Rias-Bangka Selatan.

Pemerintah Desa (pemdes) Rias melalui Dinas Pertanian Bangka Selatan melaksanakan Bimtek guna menekankan pentingnya inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting bagi petani desa, utamanya adalah memajukan peningkatan kapasitas petani di era digitalisasi.

Hal tersebut disampaikan kepala desa Rias Muslim, S.Pd saat membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam peningkatan kesejahteraan petani di aula serba guna pemdes Rias, Selasa (27/9/2022) siang.

Menurut Muslim, para kelompok Tani dari semua unsur seperti UPJA, GAPOKTAN, PETANI MILENIAL bersama organisasi kepemudaan saling berkolaborasi.

“Mengingat peran petani untuk ketahanan pangan di daerah mempunyai peran luar biasa. Untuk itu perlu menggerakan seluruh sumber daya yang ada. Karenanya inovasi dan kreativitas menjadi sangat penting dalam pengelolaan sumber daya di wilayahnya masing-masing,” jelas Muslim.

Lebih lanjut disampaikan orang nomor satu di desa Rias, inovasi dan kreativitas dapat mendorong percepatan pembangunan fondasi desa Rias .

“Untuk itu mari kita bersama-sama mengidentifikasi, memetakan dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desanya. Sebab, ketika berhasil mengidentifikasi, memetakan dan memaksimalkan potensi maka akan dapat terwujud dengan tujuan akhir yakni mensejahterakan masyarakat setempat serta membantu program pemerintah daerah di sektor pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, Ibu Nora Fitriyani holtikultura (TPH) perwakilan dari Dinas Pertanian Bangka Selatan selaku narasumber memaparkan Bidang tanaman pangan dan hortikultura mempunyai tugas membantu menterjemahkan kebijakan kepala daeah dalam melakukan penyusunan, pelaksanaan kebijakan, dan pemberian bimbingan teknis, serta pemantauan dan evaluasi di bidang tanaman pangan dan hortikultura.

“untuk memajukan sektor pertanian Pemerintah daerah dan Petani harus saling mendukung. Bantuan-bantuan yang ada harus di maksimalkan,” paparnya.

Apalagi Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan sangat mendukung memprioritaskan di bidang pertanian tersebut, dengan memberikan sejumlah bantuan mulai dari penyaluran Alsintan (alat dan mesin pertanian), kemudian bibit tanaman,pangan dan holtikutra serta pemberian pupuk bersubsidi secara bergulir.

“Saya mengajak para petani agar usaha di bidang pertanian, tanaman pangan dan holtikura ini tidak di jadikan sambilan, kita ingin petani bisa lebih produktif,” ungkapnya disela pembagian Bibit jambu kristal pada petani Desa Rias dari dinas pertanian Bangka Selatan.

Dikesempatan yang sama perwakilan dari awak media Bangka selatan yang turut menjelaskan, Vilzar sesuai tema peningkatan kapasitas petani diera digitalisasi.

“Teknologi digital pada pertanian dapat didefinisikan sebagai penerapan teknologi informasi dan komunikasi melalui jejaring media sosial dan aplikasi pada sektor pertanian. Tujuan penggunaannya adalah untuk membantu para pelaku sektor pertanian dalam mengambil keputusan dan memanfaatkan sumber daya potensi yang ada desa,” ujar Vilzar.

Kehadiran teknologi digital dapat meningkatkan pengetahuan teknis petani, memungkinkan perhitungan penggunaan pupuk, bibit, atau input pertanian lain secara lebih efisien dan meningkatkan pengambilan keputusan petani melalui informasi mengenai cuaca, pengelolaan tanaman, kondisi pasar serta marketing pemasaran.

“Untuk itu para petani diharuskan melek tehnologi agar dapat berkompetitif ke sektor sektor lain,” jelasnya.

Vilzar sangat apresiasi inisiatif pemdes Rias melibatkan petani petani milenial berpartisipasi dalam diskusi bimtek ini, tujuannya untuk menyiapkan langkah antisipasi dengan memaksimalkan petani muda agar dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam setiap kegiatan pertanian.

“Ia menyarankan petani generasi milenial membuat komunitas besar di tiap desa serta diberikan ruang kretivitas untuk membantu para petani dalam penggunaan tehnologi informasi Yang saat ini tengah berkembang pesat dan patut didukung berbentuk alokasi anggaran,” tutupnya. (*)

Slide Ads

logo
20220426_150049
IMG-20220501-WA0003
IMG-20220501-WA0007
20220501_154933
IMG-20220502-WA0003
IMG-20220502-WA0013(1)
logo 20220426_150049 IMG-20220501-WA0003 IMG-20220501-WA0007 20220501_154933 IMG-20220502-WA0003 IMG-20220502-WA0013(1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

You cannot copy content of this page
error: Content is protected !!