Terkait isu PIP, Chandra: Kalo Ilegal Akan Ditindak Tegas

0 135

Bangka Barat – Teka teki bakal masuknya TI Apung di Perairan Desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya akhirnya terjawab.

Pasalnya, Kasat Pol Air Bangka Barat, AKP Chandra Kusuma seizin Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto menegaskan pihaknya akan menindaktegas jika kemudian ditemukan para penambang tetap membandel mengoperasikan alat ponton mereka di perairan laut desa ini.

Pernyataan ini disampaikan Kasat didepan para awak media, Perwakilan PT Timah, Tbk melalui Pejabat Unit Penambangan Laut Bangka (UPLB), Kades serta Ketua BPD Belo Laut, beserta tokoh pemuda dan masyarakat desa tersebut, di Kantor Desa Belo Laut, Selasa, (19/10/21), usai penyerahan dana pembelian bantuan satu unit mobil ambulance dari mitra KIP PT Timah, Tbk untuk desa ini.

Chandra mengatakan, pada prinsipnya beroperasi TI Apung di wilayah perairan Desa Belo Laut dan sekitarnya selagi tidak ada SPK (Surat Perintah Kerja, red) akan ditindak tegas.

Penegakan aturan ini menurutnya sudah terbukti ketika kemarin ada oknum penambang mencoba-coba untuk masuk perairan dan mengoperasikan tambang terapung ini.

“Kalau kami untuk TI Apung selagi itu tidak ada SPK atau ilegal akan ditindaklanjuti karena sudah terbukti kemarin ada yang coba-coba karena itu IUP PT Timah, “jelas Chandra.

Kata Chandra, tindakan tegas langsung dilakukan tanpa persuasif karena pendekatan persuasif menurutnya sudah sering kali dilakukan.

Sementara itu, perwakilan pejabat PT Timah, Tbk melalui Unit Penambangan Laut Bangka (UPLB), Sugarta membenarkan, setelah melalui rapat diantaranya melibatkan kepala UPLB serta wakil kepala UPLB diputuskan PT Timah Tbk tidak akan menerbitkan SPK untuk TI Apung di wilayah perairan Desa Belo Laut dan sekitarnya

“Wilayah perairan Belo Laut dan sekitarnya, itu sekitarnya termasuk Sungai Baru, Teluk Rubiah. Jadi jangan terpancing dengan oknum-oknum yang buat isu, “ujar Sugarta merinci.

Karena menurut Sugarta, isu soal masuknya TI Apung di perairan Desa Belo Laut saat ini lagi trend. Kendati demikian kata Sugarta setiap rencana penambangan harus ada sosialisasi ke masyarakat dari PT Timah, Tbk dan ini sudah menjadi bagian dari SOP. (Rilis)

Slide Ads

IMG-20221218-WA0002
20221222_004241
IMG-20221218-WA0002 20221222_004241

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

You cannot copy content of this page
error: Content is protected !!